Kamis, 11 Desember 2008

Usaha Peternakan Domba

Peternakan domba merupakan salah satu usaha yang menguntungkan. Usaha ini memiliki pasar yang tetap, yaitu saat Hari Raya Idul Qurban. Sehari-harinya, permintaan terhadap daging domba juga selalu ada, terutama untuk diolah menjadi sop kambing dan sate kambing.

Salah satu lokasi peternakan domba terdapat di kawasan Cimande, Bogor, Jawa Barat. Usaha peternakan ini dikelola oleh Haji Bunyamin. Di tempat ini dipelihara sedikitnya 1.500 ekor domba.

Untuk menuju lokasi peternakan domba dari Jakarta dapat ditempuh melalui jalan tol Jagorawi. Selepas pintu tol Ciawi, menuju kearah Sukabumi.

Sesampai di kawasan Talang Sua Cimande, Caringin Bogor, berbelok ke kiri. Dan kini tibalah di lokasi peternakan domba milik Haji Bunyamin. Di peternakan ini dilakukan penggemukan domba dengan sistem kandang panggung, sehingga ruang kandang dapat dimaksimalkan.

Setiap domba mendapatkan satu kandang khusus. Domba yang digemukkan disini terdiri dari ras domba Garut dan ras domba Parahiyangan.

Memelihara domba tidak terlalu sulit. Sehari diberi makan dua kali, pada pagi hari dan sore hari. Makanan pokoknya rumput dan dedaunan.

Jumlah makanan yang diberikan sekitar 10 persen dari berat badan domba. Selain itu diberi tambahan makanan berupa konsentrat dan ampas tahu. Jumlahnya sekitar dua persen dari berat badan domba,

Untuk memudahkan pemantauan pertambahan berat badan dan kondisi kesehatannya, anak domba yang baru datang dicukur bulunya. Dengan demikian, domba juga bebas kutu dan tampak bersih.

Pemotongan bulu domba diulangi setiap tiga bulan sekali. Agar tidak cacingan, domba peliharaan juga harus diberi obat cacing. Setiap bulannya juga diberi vaksin antrak. Agar kebersihannya terjaga, kuku domba juga harus dipotong. Setiap satu minggu sekali, domba juga dimandikan.

Setelah tiga bulan digemukkan, domba siap dipasarkan. Pemasarannya tidak hanya di seputar kota Bogor saja, tetapi juga hingga ke Jakarta. Harga per ekornya bervariasi, mulai dari tujuh ratus ribu hingga satu juta limaratus ribu rupiah, tergantung berat badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar