Kamis, 11 Desember 2008

Peternakan Sapi Potong

ndosiar.com, Tasikmalaya - Ini merupakan peternakan sapi potong. Luasnya sekitar 15 hektar. Berada di Desa Taman Sari, Tasikmalaya, Jawa Barat. Di tempat ini dipelihara berbagai jenis sapi potong, mulai dari sapi anakan hingga sapi dewasa yang siap dipasarkan.

Peternakan sapi merupakan salah satu usaha yang dapat ditekuni. Harga daging sapi yang cukup tinggi dipasaran, membuat usaha ini menjanjikan keuntungan. Lokasi peternakan sapi di Desa Taman Sari, dapat ditempuh selama satu jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor dari kota Tasikmalaya.

Peternakan sapi terletak diwilayah perbukitan. Untuk mencapainya saya harus melalui jalan tangga yang cukup tinggi. Kini jalannya menurun, sehingga tidak terlalu menguras tenaga. Peternakan sapi ini dikelola oleh Haji Nana Supriatna sejak tahun 1995 lalu. Awalnya dia memiliki 100 ekor sapi, namun kini telah berkembang menjadi 10 kali lipat.

Sapi yang dipelihara disini menempati kandang permanent, yang dibedakan antara indukan dan anakan sapi. Berbagai jenis sapi dipelihara disini. Seluruhnya sapi unggulan. Seperti sapi ini. Sapi dipeternakan ini cepat tumbuh besar.

Pertambahan berat sapi setiap hari rata - rata mencapai 1,2 kilogram. Agar bobot badan sapi meningkat cepat, tidak saja diberikan pakan berupa dedaunan hijau dan jerami, tetapi juga makanan tambahan.

Seluruh sapi yang dihasilkan dipeternakan ini dipasarkan diwilayah Tasikmalaya. Setiap harinya sebanyak tiga ekor sapi dijual ke pasaran. Masih jauh dari kebutuhan pasar. Setiap harinya kebutuhan sapi potong untuk wilayah tasikmalaya sekitar 50 hingga 70 ekor.

Beternak sapi cukup menguntungkan. Sapi yang dibesarkan dalam waktu 2 tahun dapat mencapai bobot satu ton. Harganya per ekor 15 juta rupiah sedangkan biaya pembesaran sapi setiap bulan sekitar 600 ribu rupiah.

Selain memperoleh pendapatan dari pembesaran sapi, peternakan ini juga memperoleh penghasilan tambahan dari pengolahan kotoran sapi menjadi pupuk organik. Pengolahan pupuk dilakukan dengan menggunakan mesin. Pupuk organik dijual seharga 800 rupiah per kilogram.Wah beternak sapi seperti ini memang layak ditekuni dan cukup menguntungkan.

3 komentar:

  1. saya mau beli pupuk kandangnya, apa nomor telepon atau handphone yg bisa saya hubungi?

    BalasHapus
  2. di tasikmalaya daerah gn. koneng ,cilembang ada, pengusaha daging impor yang bernama dede dahlan yang mempunyai perusahaan sapi DR, telah memalsukan surat nikah, tapi sama polisi tetap dibiarkan, malah ada oknum polisi yang menjadi "bodyguard" nya, dia selalu menyiksa dan mengancam kepada istri tuanya, sehingga istri tuanya itu tidak berani melapor, bagaimana nasib rakyat indonesia, apalagi kaum wanita bila sudah begini ?
    diangkat RW sama warganya juga, mana yang namanya hukum di tegakkan di Indonesia ?https://www.facebook.com/dede.dahlan.33?hc_location=timeline

    BalasHapus
  3. boleh tau alamat lengkap dari peternakannya? please

    BalasHapus