Kamis, 11 Desember 2008

Ada Kambing Berkelamin Ganda

Karanganyar - Seekor kambing berkelamin ganda ditemukan di Karanganyar, Jateng. Kambing itu memiliki dua alat kelamin sekaligus. Namun, karena belum memasuki usia produktif hingga saat ini belum diketahui apakah kedua alat reproduksi itu bisa berfungsi.
Kambing berusia lima bulan hasil persilangan pejantan jenis domba dengan induk jenis lokal tersebut dipiara sejak lahir oleh Sartono warga Ngledok RT 2 RW 8, Sroyo, Jateng, Karanganyar. Saat ini kambing yang mengalami keganjilan itu dipiara bersama 20 ekor kambing lainnya di kandang sebelah rumah Sartono.
Sartono mengaku sejak kecil cukup menjadi perhatiannya. Semula dia mengira kambing itu berkelamin betina, namun secara fisik menunjukkan ciri-ciri seperti kambing jantan. Badannya cepat besar, bulu-bulunya lebih panjang serta pertumbuhan tanduk yang cepat.
Meskipun sejak awal dia mengaku juga telah menaruh curiga bahwa ada keanehan pada kambing itu, karena meskipun kambing itu memiliki puting-puting susu, tapi juga memiliki kantung testis di pangkal pahanya.
Dia baru menyadari ada keanehan ketika Senin kemarin kambing itu mulai menunjukkan tanda-tanda ketertarikannya kepada kambing betina. Ternyata dari organ kelamin betina kambing itu keluar batang kelamin jantan, meskipun ukurannya lebih kecil dibanding ukuran alat kelamin kambing jantan seusianya.
"Setelah saya amati lebih seksama, saat kencing kedua alat kelamin itu berfungsi yaitu sama-sama mengeluarkan air kencing. Karena belum memasuki usia reproduksi, saya juga belum tahu mana yang nantinya akan berfungsi, atau malah keduanya dapat berfungsi," papar Sartono, saat ditemui di rumahnya, Selasa (17/7/2007).
Namun menurut Sartono, besar kemungkinan alat kelamin jantan kambing itu akan mengalami kesulitan fungsionalnya. Selain itu ukurannya, organ kelamin jantan yang kecil, letaknya bukan di dekat pusar (bawah perut) melainkan di dalam organ kelamin betinanya sehingga akan menyulitkan posisi reproduksi.
Sartono bertekad akan memelihara kambing aneh hingga besar. Lelaki yang kesehariannya bekerja di sebuah SPBU di Karanganyar itu berkeyakinan keanehan salah satu kambing piaraannya itu akan memberikan makna tersendiri, meskipun hingga saat ini dia belum mampu mengurainya.
Selain memiliki kambing berkelamin ganda, Sartono juga memelihara tiga ekor kambing albino. "Semula hanya seekor kambing betina yang albino, tapi anak-anaknya sebagian menuruni kulit albino juga. Ada beberapa yang telah saya jual, biasanya disembelih untuk syukuran haji," papar dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar